Siapa Bilang Tak Boleh Punya Utang?


JAKARTA, Setya News - Siapa bilan Anda tidak boleh punya utang? Utang memang menjadi beban bagi siapapun yang memilikinya. Sekecil apapun, utang harus dilunasi karena Anda telah membuat komitmen dengan si pemberi dana. Namun, Anda tak perlu takut jika memang harus berutang, asalkan utang Anda bertujuan positif dan membuat Anda menjadi lebih produktif.
Perencana keuangan Ligwina Hananto mengatakan, utang diperbolehkan selama dilakukan untuk hal-hal yang wajar.
“Jika Anda berutang 3 tahun untuk membeli barang elektronik yang dipakai lima tahun, itu wajar. Jika Anda berutang 6 bulan untuk membeli kompor yang digunakan satu tahun, itu wajar. Tetapi jika Anda berutang untuk mentraktir teman-teman yang habis dalam beberapa jam, sedangkan Anda harus mencicilnya selama berbulan-bulan, itu namanya keterlaluan,” ujar Ligwina dalam seminar "Sudah Sehatkah Kondisi Keuangan Anda?" dalam event Indonesia Financial Expo & Forum di Jakarta Convention Center, Jakarta, Minggu (19/6/2011) lalu.
Selain itu, menurut Ligwina, Anda juga harus memikirkan produktivitas dari benda yang Anda beli dengan cara berutang. Utang-utang seperti kredit kepemilikan rumah, kredit kepemilikan kendaraan bermotor, dan kredit untuk usaha mikro adalah contoh utang yang membantu produktivitas Anda. Rumah, misalnya, bisa untuk investasi jangka panjang karena properti akan selalu punya nilai dari masa ke masa.
Kepemilikan kendaraan bermotor juga membuat Anda lebih produktif karena menghemat waktu dan biaya transportasi Anda. Jika dibutuhkan, surat kepemilikan kendaraan bisa digadaikan untuk modal usaha. Sedangkan kredit untuk usaha mikro tentu saja membantu Anda untuk mendirikan usaha dan membantu Anda lebih produktif.
Ligwina juga menyarankan agar Anda memikirkan jangka waktu untuk mencicil utang. Alokasikan maksimal 30 persen dari total penghasilan Anda untuk mencicil utang. Maka, Anda bisa mengetahui jangka waktu mencicil utang dari jumlah uang yang bisa Anda keluarkan setiap bulan.
Misalnya gaji Anda Rp10 juta, berarti Anda hanya boleh mengeluarkan uang maksimal Rp 3 juta per bulan untuk cicilan utang. Jika Anda ingin mencicil mobil seharga Rp 120 juta, dengan cicilan Rp 3 juta per bulan, maka jangka waktu cicilan mobil Anda adalah maksimal selama 4 tahun.
Misalkan Anda seorang enterpreneur yang ingin meminjam dana ke bank. Jika Anda kesulitan mendapatkan kucuran dana karena usaha Anda belum berbentuk perseroan terbatas dan tidak memiliki laporan keuangan, maka Anda bisa meminjam di bank dengan akun pribadi.
“Meskipun dengan akun pribadi, namun Anda harus ingat bahwa pinjaman tersebut adalah pinjaman perusahaan. Yang harus membayar cicilannya adalah perusahaan yang Anda dirikan. Anda tidak boleh membayar dengan uang Anda sendiri,” jelas Ligwina. Itulah sebabnya Ligwina menyarankan agar akun pribadi dan akun perusahaan dipisahkan meskipun menggunakan nama yang sama.
Penggunaan kartu kredit sebaiknya Anda hindari selama masih bisa membayar semua benda yang Anda inginkan dengan uang tunai. Sering-sering menganalisa isi tagihan bisa membantu Anda mengurangi penggunaan kartu kredit. Anda bisa mengetahui apakah benda yang Anda beli dengan kartu kredit tersebut betul-betul sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika tidak sesuai dengan kebutuhan, lain kali Anda tak perlu mengulangi menggesek kartu kredit untuk benda-benda yang tidak berguna.

Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 6:02 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

2 comments for Siapa Bilang Tak Boleh Punya Utang?

  1. semua roda perekonomian pasti ada yang namanya utang (kalo gk ada utang, bank2 gk mungkin jalan sob)...XD salute for this posting...+1 from me !!!

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign