Kolam Mini Berisiko untuk Balita

Ilustrasi

Setya News - Para orang tua sebaiknya lebih waspada dan mengawasi ketat anaknya saat menggunaan kolam renang berukuran mini. Studi di Amerika Serikat menunjukkan, jumlah kasus anak-anak yang tenggelam akibat bermain di kolam ini tidak bisa dianggap sepele.
Sebuah laporan riset yang dimuat jurnal Pediatricsmenyebutkan, setidaknya satu anak dalam setiap lima hari tenggelam dalam kolam renang mini selama kurun waktu 2001 hingga 2009, terutama selama musim panas.
Dalam kurun waktu tersebut, riset mencatat ada 209 anak yang meninggal akibat terendam air, dan 35 kasus non-fatal lainnya pada anak usia 11 atau di bawahnya. Kasus balita yang terendam ini meningkat pada 2001 hingga 2005, meski kemudian menurun pada tahun selanjutnya.
"Orang tua harus waspada bahwa kolam ini menimbulkan risiko tenggelam khususnya untuk anak-anak, seperti halnya kolam besar yang selama ini memang dianggap paling membahayakan," kata Gary Smith, pemimpin riset yang juga Kepala Pusat Penelitian Cedera di RS Anak Nasional di Columbus, Ohio.
Hampir seluruh kasus tenggelam, kata peneliti,  menimpa anak-anak berusia di bawah 5 tahun, dan terjadi di tempat mereka bermain selama musim panas.
Meskipun riset ini tidak menganjurkan para orang tua untuk mengindari penggunaan kolam renang mini, Smith mengharapkan orang tua untuk meningkatkan kewaspadaan.
Para orang tua juga dapat melakukan tindakan pencegahan dengan selalu membiasakan anak memakai pelampung saat bermain di dekat kolam. Pastikan pula anak-anak tidak punya akses ke dekat kolam ketika orang tua sedang tidak berada di sekitar mereka. Bahkan pencegahan ini harus tetap dilakukan ketika kolam tidak terisi air  atau untuk kolam yang berukuran lebih kecil.
Sumber : Reuters

Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 7:15 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

2 comments for Kolam Mini Berisiko untuk Balita

  1. wah, bagi yang mempunyai bayi harap2 cemas,, tpi gpp mungkin kalau di kasih pelampung :)

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign