Meski Tak Ada Gempa Hari Ini, Warga Dieng Diminta Waspada

Setya News - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), sejak semalam hingga siang ini, tak mencatat adanya gempa di Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara, Jawa Tengah. “Pada (Minggu), 5 Juni 2011, tidak terekam gempa sama sekali,” kata Kepala PVMBG Surono, ketika dihubungi hari ini.

Kondisi tersebut jauh berbeda dengan Sabtu kemarin, 4 Juni 2011, Dieng mengalami delapan kali gempa embusan dan tiga kali gempa vulkanik dangkal. Namun, menurut Surono, tidak adanya gempa hari ini bukan merupakan pertanda bahwa Dieng mulai aman. 

Menurut Surono, tidak munculnya gempa embusan justru patut diwaspadai karena ada kemungkinan Kawah Timbang sedang menghimpun tenaga dan akan mengembuskan erupsi yang lebih besar melalui retakan tanah sekitar kawah.

Konsentrasi gas karbon dioksida sendiri masih mencapai 1,54 persen, jauh di atas ambang aman hirup manusia sebesar 0,5 persen. “Itu masih berbahaya. Karena itu status belum akan diturunkan dari siaga,” ujar pria yang akrab disapa Mbah Rono ini. "Warga masih harus waspada."

Sementara itu, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui keterangan persnya menyatakan bahwa hari ini Dieng diselimuti cuaca cerah dengan suhu 11 hingga 12 derajat Celcius.

Dari Kawah Timbang, asap putih tebal menyebar sejauh 100 meter dengan tinggi 2 meter dari permukaan tanah ke arah selatan. Adapun gas karbon dioksida mengalir ke saluran Kali Putih sepanjang 1.000 meter dengan lebar 300 meter. “Arah anginnya menuju selatan dan penyebaran karbon dioksida bertambah ke barat dan ke timur,” ujarnya.

Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 3:33 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Meski Tak Ada Gempa Hari Ini, Warga Dieng Diminta Waspada

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign