Kendal Kembali Diserang Ulat Bulu

Warga Ringin Arum, Kendal saat membakar ulat bulu
yang merambat di dinding rumahnya.

KENDAL, Setya News - Setelah sempat mereda selama sekitar dua bulan, ribuan ulat bulu kembali serang pemukiman warga Kendal Jawa Tengah. Kali ini ulat bulu menyerang di Dukuh Tapak Barat RT.7/III, Desa Kedung Gading, Kecamatan Ringinarum.
Meski jenis ulat bulu yang menyerang kali ini lebih kecil, namun ulat bulu ini lebih agresif daripada ulat bulu yang menyerang warga dua bulan lalu. Bahkan, beberapa warga yang rumahnya diserang ulat bulu terpaksa mengungsi ke rumah kerabat yang belum diserang ulat.
Menurut penuturan salah seorang warga bernama Abidin (25), ulat-ulat itu sudah menyerang sejak tiga hari yang lalu. Awalnya ribuan ulat bulu itu hanya berada di pohon waru yang berada di pinggir kali belakang rumah Sumini (60). Namun karena tertiup oleh angin, ulat-ulat itu berjatuhan dan menyebar ke pohon-pohon yang lain. Bahkan kini sudah masuk ke rumah-rumah warga.
Menurutnya, rumah yang paling parah diserang oleh ulat-ulat bulu tersebut yaitu rumah Sumini (60) dan Jumroh (30). Anak dari Abidin sendiri juga terkena serangan ulat bulu tersebut hingga mengalami gatal-gatal pada bagian tangannya.
"Awalnya cuma di pohon waru, tapi karena kena angin terus nyebar ke rumah-rumah warga. Yang paling parah rumah bu Sujmini dan bu Jumroh," kata Abidin, Minggu (12/6/2011).
Sementara Jumroh (60) mengaku terpaksa mengungsi ke rumah orang tuanya untuk menghindari srangan ulat bulu tersebut. Pasalnya, bagian belakang rumahnya juga sudah dipenuhi oleh ulat.
Menurut Jumroh, ulat juga berjatuhan di lantai-lantai dan halaman rumah warga. "Setiap malam terpaksa mengunggsi ke rumah orang tua kalau mau tidur, karena takut gatal-gatal. Di usuk-usuk rumah banyak, tapi juga banyak yang berjatuhan di lantai," katanya.
Warga mengaku kewalahan membasmi ulat bulu tersebut. Selain banyak jumlahnya, ulat bulu tersebut juga berjalan cepat dan mudah terbang tertiup angin. Sementara warga mengurangi jumlah ulat bulu masuk ke rumah dengan membakarnya, menggunakan obor dan menyapunya menggunakan sapu lidi. Namun meski disengat menggunakan obor, ulat bulu tidak langsung mati.
Warga juga membakar sebagian sarang ulat bulu yang terdapat pada pohon waru. Mereka umumnya berharap agar dinas terkait bisa segera melakukan penyemprotan untuk membasmi seranganan ulat bulu tersebut.

Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 2:52 AM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

2 comments for Kendal Kembali Diserang Ulat Bulu

  1. Semoga ada alternatif memberantas ulat bulu selain dengan membakar.

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign