Foto : Tibo Sang Penyayang Keluarga





JAYAPURA, Setya News - Titus Bonai terkenal "buas" saat berada di lapangan. Namun, jauh berbeda bila penyerang Persipura Jayapura itu telah meninggalkan alat "tempurnya".
Dia ternyata sosok yang sangat penyayang terhadap keluarganya, terlebih kepada buah hatinya. Kami mendapatkan kesempatan emas mengikuti sedikit aktivitasnya pada waktu luang bersama keluarga di rumahnya di Jalan Hamadi Kompleks BTN, Jayapura, Jumat (17/6/2011).
Pukul 12:00
Tidak sulit mencari rumah Tibo yang terletak di pinggir pantai itu. Pasalnya, hampir semua orang mengenal Tibo. "Rumah Tibo yang pagarnya ada bola-bola itu, mas," kata seorang anak sambil menunjukkan rumah Tibo.
Raut wajah Tibo terlihat cukup lelah ketika menyambut kedatangan Kami. Maklum, sehari sebelumnya, penyerang kelahiran 4 Maret 1989 itu membela timnya saat menjamu Pelita Jaya.
Tidak ada penampilan istimewa saat itu. Ia bahkan hanya bertelanjang dada dengan handuk disangkutkan di lehernya. "Maaf aku baru bangun. Capek sekali. Sebentar, aku mandi dulu yah," kata Tibo.
Di rumah yang tidak terlalu besar ini, Tibo tinggal bersama istri, Novalia Metiaman (24), yang dinikaihinya 2005 silam, dan buah hatinya, Natalia Krisnalia Bonai (3).
Memasuki ruang tamu, terpampang foto-foto Tibo ketika membela PKT Bontang dan Persiram Raja Ampat sebelum akhirnya memperkuat Persipura pada musim ini. Penyerang yang mengaku mengidolakan Barcelona itu bercerita sedikit mengenai masa kecilnya hingga akhirnya dia bisa bergabung dengan "Mutiara Hitam".
"Di keluarga, hanya aku yang bermain bola. Dulu, aku main bola di gunung-gunung. Saat aku main di PSK Kayupulloh, lapangannya justru menanjak. Tidak datar," katanya.
Kerja keras Tibo akhirnya membuahkan hasil. Dia berubah menjadi penyerang yang buas. Sulit menghentikan Tibo bila sudah menguasai bola. Namanya meroket ketika dia sukses mengantarkan Persipura meraih gelar Liga Super Indonesia pada musim ini.
"Ini musim perdanaku bersama Persipura. Mereka sebetulnya telah mengincar aku pada 2008 lalu. Aku sempat latihan bersama mereka. Tapi kupikir peluangku kecil karena banyak penyerang-penyerang bagus seperti Alberto Goncalves saat itu," jelasnya.
Kegemilangan Tibo bersama Persipura membuat tidak sedikit klub terpikat menggaet penyerang yang mengidolakan Ronaldo Luis Nazario de Lima itu pada musim depan. Tibo mengungkapkan, selain beberapa klub lokal, klub luar negeri seperti Selangor FC tertarik meminangnya.
"India juga ada. Tapi, aku ingin berkarier di sini dulu. Aku ingin membanggakan masyarakat Papua," jelasnya.
Tibo juga terkenal memiliki gaya yang khas dalam merayakan setiap gol yang diciptakannya. Selain itu, ketika berada di lapangan, Tibo suka menggoyangkan jala gawang tim lawannya.
"Kalau goyang-goyang jala cuma kebiasaan saja. Soal selebrasi, aku memang suka joget. Saya suka dengan tarian India. Itu tarian campuran antara tari daerah dan modern," jelasnya.
Pukul 13: 30; Tibo Ambil Raport Natalia
Kurang lebih sejam berbincang-bincang, Tibo bersama istrinya pergi mengambil raport Natalia yang bersekolah di Sekolah Anak Kecil "Shalom" yang terletak tidak jauh dari rumah mereka. "Natalia baru dua tahun bersekolah di play group ini," kata Nova.
Begitu tiba, Natalia menyambut Tibo begitu riang. Tibo langsung menggendong Natalia. Tibo kemudian bersalaman dengan kepala sekolah hingga orang tua siswa.
"Tiboooooo," ucap seorang orang tua siswa. Tidak sedikit, yang meminta berfoto bersama dengan Tibo. Namun Natalia tiba-tiba menangis. "Natalia memang suka nangis kalau aku foto dengan orang. Dia seperti cemburu," ungkap Tibo.
Demi meredakan tangis Natalia, Tibo mengajak putrinya bermain ayunan yang terletak di samping sekolah. "Papa ayo dorong," pinta Natalia di atas ayunan.
Tibo terlihat sangat menyayangi anaknya. Mereka begitu kompak. Kekompakkan itu terlihat ketika Tibo dan Natalia bernyanyi sebuah lagu rohani.
"Itu lagu Serui, judulnya Surga Katai Merisi. Neneknya Natalia cerita, kalau anakku lagi kangen sama aku, dia pasti denger lagu ini. Dia sampai nangis. Aku jadi kangen dan langsung kutelepon dia," ungkapnya.
"Natalia juga nangis kalau aku dijatuhkan lawan," sambungnya.
Kecintaan Tibo kepada Natalia terlihat dari tato yang berada di lengan kiri. Di situ tertulis nama Natalia. Sementara di lengan kanannya, tertulis T Amo Jesus. "Ini bahasa Brasil yang berarti aku cinta Jesus," katanya.
Pukul 16:00
Setelah selesai mengambil raport, Tibo kembali ke rumah. Dia kemudian mengajak Natalia mandi di laut yang terletak tidak jauh dari rumahnya.
"Kalau aku libur biasanya mandi laut. Kalau belum mandi laut seperti enggak mandi. Mandi laut juga kan untuk kesehatan," jelas Tibo.
"Kalau main di laut bisa sampai setengah enam, mas," sambung Novalia.




Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 8:25 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Foto : Tibo Sang Penyayang Keluarga

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign