Uang Hilang, Tulisan 'Awas Ada Tuyul' Dipasang

Setya News - Sebuah peringatan tidak lazim ditempel di salah satu rumah warga di Gang Sukaresmi, RT 08/05, Kelurahan Cicaheum, Kecamatan Kiaracondong, Bandung, Jawa Barat. Peringatan yang ditulis di atas karton itu berbunyi ‘Awas Ada Tuyul’.

Menurut Iis (30), peringatan itu dibuat sejak sebulan lalu. Tujuannya untuk mengingatkan bahwa di sekitar rumah ada tuyul yang suka mencuri uang.

Sejak Maret lalu Iis mengaku sudah sering kehilangan uang secara misterius. “Sengaja saya pasang poster 'Awas Ada Tuyul' di tembok rumah,” jelasnya, Kamis (9/6/2011).

Total uang yang hilang secara berturut-turut mencapai Rp1,7 juta. Dia pun kapok menyimpan uang di rumah. Untuk menghindari kehilangan, uangnya selalu dibawa kemana pun pergi.

“Hampir setiap hari pasti ada saja uang yang hilang, entah kemana. Uang yang di celengan dan di lemari juga hilang,” tuturnya.

Warga Gang Sukaresmi lainnya yang pernah kehilangan uang adalah Eulis (29). Dia mengaku kehilangan uang hingga Rp1,2 juta dalam waktu 2 pekan berturut-turut. Bahkan untuk mencegahnya, Eulis nekat mencari bantuan paranormal.

“Saya dikasih paranormal spion cembung, sehelai daun waru, dan lembaran kertas bertulisan huruf Arab yang harus disimpan di sekitar rumah,” ujar Eulis di tempat yang sama. Menurutnya, cara itu ternyata ampuh meski ia tetap khawatir.

Selain itu, paranormal tersebut menyebutkan ada tiga tuyul yang berkeliaran di sekitar rumah. “Saya percaya saja karena saya sering kehilangan uang secara misterius,” ucapnya.

Tak hanya Iis dan Euis, tetangga mereka Ade Kartini (44) juga mengalami kejadian serupa. Dia mengaku pernah hilang Rp500 ribu pada Januari lalu tanpa sebab jelas. “Padahal uang saya simpan di lemari yang saya kunci,” tutur Ade.

Namun dugaan adanya tuyul dibantah Ketua RT 08 Suryana. Dia mengimbau warga tidak berlebihan menanggapi isu tuyul. Apalagi yang baru melapor baru dua warga, sementara Ade belum melaporkan ke RT.

“Warga yang mengaku kehilangan uang karena tuyul itu hanya dua orang, tidak lebih, yaitu Bu Eulis dan Iis, tapi warga lainnya enggak melapor. Saya yakin uang hilang karena manusia. Berpikir logis saja,” tukas Suryana.

Dia menambahkan sejak menjabat menjabat Ketua RT selama tiga periode, wilayahnya termasuk aman dan tidak pernah ada pencurian.

Iis dan Eulis, kata Suryana, adalah kakak adik warga pendatang yang menempati satu rumah. Mereka belum setahun menempati rumah itu karena sebelumnya ditempati orangtua mereka. “Ketika ditinggali ayahnya di rumah itu enggak ada kejadian aneh-aneh,” jelas Suryana.

Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 6:28 AM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Uang Hilang, Tulisan 'Awas Ada Tuyul' Dipasang

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign