Mentega Berumur 1 Abad

Setya News - Dua kotak mentega ditemukan dalam keadaan utuh setelah hampir satu abad ada di satu gubuk yang digunakan penjelajah Inggris Robert Falcon Scott dalam ekspedisinya yang gagal pada 1910-1912 di Antartika.

Stasiun televisi Selandia Baru melaporkan, beberapa pencinta lingkungan menemukan dua kota mentega Selandia Baru di dalam tas yang diikatkan ke gubuk ekspedisi di Cape Evans di Antartika.

Udara yang sangat dingin di wilayah kutub “melestarikan” gubuk itu dan peralatan ekspedisi yang berada di dalamnya. Namun, beberapa tanda kerusakan baru-baru ini membuat Antarctic Heritage Trust melancarkan proyek pelestarian. Lizzie Meek dari Trust mengatakan, mentega tersebut adalah “temuan harta karun”.

“Sungguh mengagumkan betapa kuat aromanya setelah hampir 100 tahun,” kata Meek di gubuk tersebut. “Saya tidak yakin saya mau menggunakannya di roti panggang saya.”


Scott menggunakan gubuk di Cape Evans sebagai pangkalan ekspedisinya ke Kutub Selatan. Ia dan empat penjelajah lain mencapai wilayah tersebut pada 17 Januari 1912. Namun, mereka mendapati bahwa Roald Amundsen dari Norwegia telah mengalahkan mereka dan tiba lebih dulu di Kutub Selatan dengan selisih waktu lima pekan.

Scott dan empat temannya itu tewas dalam perjalanan pulang ke Cape Evans. Temuan paling akhir itu terjadi menyusul berita bulan lalu mengenai penemuan dua peti wiski scotch di satu gubuk yang digunakan oleh penjelajah Inggris, Ernest Schackleton, selama ekspedisi 1907-1909 ke Antartika.



Sumber

Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 1:23 AM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

3 comments for Mentega Berumur 1 Abad

  1. huebat... yak... produk mantap itu!
    100 tahun gitu loh...
    kalo mentega2 jaman sekarang 100 thn kedepan mungkin sudah membusuk dimakan segala macam binatang kecil...
    bahkan mungkin juga sudah hapis tersapu anggin... hahaa...
    hebat tuh produsennya...
    nama produk mentega itu bisa dibikin bahan untuk membuat image sesuatu yg abadi.. kek mentega ini... :P
    hehee...
    *so tahu aku aja...

    postingan yg unik gan.. ^^d

  2. @Cory Senjaya's Blog : hehehe ... bener bangett tuhh mbak cory ..

    terimakasih sudah berkomenter

  3. Buset tuh yang buat,,udah seratus tahun tapi gak rusak baunya,,mantab tuh,,kalo dijual 3.000 rupiah w beli dah buat koleksi antik,hahahahaa,pasti kalo dijual harganya mahal tuh mentega,punya nilai sejarah cuyy

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign