Rajin Makan Selada Bisa Bantu Cegah Kanker

Jakarta, Setya News - Suka makan salad? Kalau begitu pastikan selada selalu ada dalam campuran salad Anda. Sayuran hijau yang renyah ini ternyata punya berbagai manfaat bagi kesehatan, salah satunya mencegah kanker.

Suka makan salad? Pastikan selada selalu ada dalam campuran salad Anda. Sayuran hijau yang renyah ini ternyata punya berbagai manfaat bagi kesehatan, karena menyimpan banyak nutrisi.

Beberapa nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari 'the king of salad' ini di antaranya klorofil, vitamin K, C, A, kalsium, serat, folat dan zat besi. Bukan itu saja, selada juga merupakan sumber vitamin B6, lycopene, potasium dan alkaloid (zat yang menyembuhkan). Jenis selada tertentu, seperti selada merah bahkan punya kandungan anti-oksidan yang bisa menghancurkan radikal bebas (penyebab rusaknya sel tubuh).

Masih ada banyak manfaat lain yang bisa Anda dapat dengan rajin mengonsumsi selada. Ini dia enam manfaatnya, seperti dikutip dari Lifemojo.

1. Mencegah Kanker
Menurut American Cancer Institute dan American Cancer Society, vitamin A dan C bisa membantu mencegah beberapa jenis kanker, seperti kanker payudara dan kanker usus. Selada, mengandung banyak dua vitamin tersebut dan direkomendasikan para ahli untuk dikonsumsi sebagai makanan anti kanker.

2. Melawan Penyakit
Selada kaya akan beta-karoten yang dikenal sebagai pelawan berbagai penyakit. Katarak, penyakit jantung, stroke bahkan kanker bisa dibantu penyembuhannya dengan mengonsumsi selada secara teratur.

3. Membantu Turunkan Berat Badan
Selada sangat baik bagi pelaku diet karena hanya mengandung 10 sampai 50 kalori per sajian. Sayur ini juga kaya akan air yang membantu proses rehidrasi tubuh. Selain itu, selada juga mengandung banyak serat untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan memberi efek kenyang lebih lama.

4. Membantu Sembuhkan Konstipasi
Konstipasi atau sembelit bisa diatasi dengan selada. Berkat kandungan seratnya, selada bisa memperbaiki sistem pencernaan dan membantu Anda buang air besar dengan lancar setiap hari.

5. Membantu Perbaiki Jaringan Tubuh 
Magnesium merupakan salah satu mineral yang banyak terkandung dalam selada. Dikutip dari Livestrong, magnesium memegang peranan penting dalam perbaikan jaringan, pembuluh darah, otak dan otot. Magnesium juga membantu mempercepat penyembuhan luka atau sakit. Dengan kata lain, selada juga bisa berfungsi sebagai sayuran penyembuh.

6. Mengatasi Rambut Rontok
Punya masalah rambut rontok? Minum campuran jus selada dan bayam. Jangan bayangkan dulu rasanya yang kurang enak. Karena kombinasi dua sayuran ini membantu menyuburkan rambut dari dalam. Tapi jangan lupa juga untuk menggunakan perawatan dari luar seperti tonik atau serum khusus rambut rontok.

Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 5:37 AM. Filed under , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Rajin Makan Selada Bisa Bantu Cegah Kanker

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign