Perkenalkan, Bos Baru Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri!

Ayman al Zawahiri (kanan) berpose
bersama Osama bin Laden (kiri)

Setya News — Mari simak catatan sejumlah laman jihad hari ini. Di situ, secara resmi sudah muncul nama baru yang menempati tampuk tertinggi Al Qaeda. Dia adalah Ayman al-Zawahiri.
Pengumuman yang menerakan waktu 2011 itu juga menyebutkan kalau Al-Zawahiri berperan penting dalam kepemimpinan Al Qaeda. Sejatinya, Al-Zawahiri adalah deputi alias wakil Osama bin Laden. Maka, wajar jika Al-Zawahiri menggantikan Osama bin Laden yang tewas dalam penyerangan pihak Amerika Serikat (AS) pada Mei lalu di Abotabbad, Pakistan. "Kami mengumumkan Sheikh Dr Abu Muhammad Ayman al-Zawahiri menjadi penanggung jawab komando Al Qaeda," begitu bunyi pertanyaan komando umum Al Qaeda dalam laman jihad tersebut.
Catatan CNN pada Kamis (16/6/2011) menunjukkan Al-Zawahiri berasal dari keluarga berada di Kairo, Mesir. Sebagai seorang tabib, Al-Zawahiri adalah anggota pendiri organisasi Jihad Islam Mesir (EIJ). Organisasi ini tergolong militan dan beroposisi terhadap pemerintahan sekular Mesir di bawah pimpinan Hosni Mubarak.
Seperti halnya mendiang Osama, Al-Zawahiri ikut dalam perang melawan Uni Soviet di Afganistan. Kehadirannya di Negeri Para Mullah itu sebagai ahli kesehatan.
Pada 1998, saat EIJ merger dengan Al Qaeda, Al-Zawahiri mengirim faksimile peringatan untuk warga AS ke koran Al-Hayat. Tiga hari kemudian, pada 7 Agustus 1998, bom bunuh diri yang ditempatkan di sebuah truk menghantam Kedutaan Besar AS di Nairobi (Kenya) dan Der es Salaam (Tanzania). Insiden itu menewaskan 224 orang.
Geram lantaran tindakannya, AS pun memburu Al-Zawahiri. Melalui FBI, banderol kepala Al-Zawahiri harganya 25 juta dollar AS. Harga yang sama untuk perburuan Osama bin Laden.

Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 1:25 AM. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Perkenalkan, Bos Baru Al Qaeda, Ayman al-Zawahiri!

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign