Cara Perawatan untuk Kulit Berjerawat

Setya News - Jerawat tidak bisa disembuhkan dengan hanya sekali atau dua kali perawatan. Masalah kulit yang satu ini perlu penanganan khusus yang harus dilakukan secara rutin dan berulang-ulang.

Mungkin perawatan facial di klinik kecantikan bisa membantu jerawat hilang lebih cepat. Tapi yang terpenting adalah perawatan harian dan tidak boleh dilewatkan. Bagaimana perawatan harian yang tepat? Ini tipsnya, seperti dikutip dari eHow.

1. Membersihkan
Bersihkan wajah dua kali sehari untuk menyingkirkan kotoran, minyak dan bakteri yang menyumbat pori-pori dan menyebabkan jerawat. Waktu terbaik adalah pagi dan malam hari sebelum tidur. Ingat, cukup bersihkan wajah dua kali sehari dan jangan lebih dari itu. Terlalu sering membersihkan wajah akan membuat kulit kering, yang memicu produksi minyak lebih banyak --sehingga jerawat tumbuh lebih banyak-- dan kulit teriritasi.

2. Pengelupasan
Kulit yang berjerawat biasanya lebih sensitif sehingga membuat beberapa orang takut melakukan pengelupasan kulit atau eksfoliasi. Tapi pengelupasan sebenarnya penting untuk semua kondisi kulit, karena berfungsi menyingkirkan sel kulit mati dan menghaluskan tekstur kulit. Hanya pemakaian pada kulit berjerawat memang harus berhati-hati.

Proses pengelupasan untuk kulit berjerawat bisa dilakukan dengan menggosoknya perlahan menggunakan handuk hangat. Anda juga bisa memakai sabun wajah dengan butiran scrub halus sebagai alternatif eksfoliasi ringan. Beberapa produk scrub juga ada yang diformulasi khusus untuk merawat kulit berjerawat. Lakukan pengelupasan kulit satu atau dua kali seminggu.

3. Pengobatan
Rawat kulit dengan produk-produk yang mengandung bahan khusus untuk menyembuhkan jerawat. Pilih krim, pembersih, pelembab atau salep yang mengandung benzoil peroxyde, salicylic acid atau retin-A. Frekuensi pengobatan biasanya tergantung dari seberapa keras formula obat dan jenis kulit. Bisa saat pagi dan malam, atau hanya di malam hari.

Namun umumnya, penggunaan obat jerawat topikal dilakukan setiap kali usai membersihkan wajah. Tapi jangan oleskan terlalu sering, karena bisa membuat kulit kering dan iritasi berat. Dalam beberapa kasus jerawat yang sudah parah, biasanya dermatologis akan memberikan resep obat untuk diminum setiap hari.

4. Melembabkan
Kulit yang berjerawat cenderung berminyak, tapi jangan lupakan pelembab. Pilih pelembab bertekstur ringan dan bebas minyak, seperti gel atau lotion. Pastikan juga pelembab Anda mengandung tabir surya minimal 17 SPF, karena pengobatan jerawat bisa meningkatkan sensitivitas kulit pada paparan sinar matahari. Aplikasikan pelembab setelah pembersihan dan pengolesan obat jerawat.

5. Perawatan dari Dalam
Cari tahu faktor-faktor yang menyebabkan timbul atau semakin parahnya jerawat. Mungkin Anda alergi terhadap bahan makanan tertentu yang memicu timbulnya jerawat, atau kurang rajin membersihkan wajah setelah beraktivitas. Jerawat juga bisa timbul karena penggunaan kosmetik yang kurang tepat atau saat menstruasi.
Mengetahui penyebab timbulnya jerawat sangat penting, jadi Anda bisa menghindarinya. Minum cukup air mungkin bisa meningkatkan kualitas kulit. Anda memerlukan asupan air sedikitnya 2 liter sehari.

Posted by Admin Of Daily Setya News And Setya Blog on 8:02 PM. Filed under , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0

0 comments for Cara Perawatan untuk Kulit Berjerawat

Leave comment

ada ada saja

dailyvid

indonesia news

FLICKR PHOTO STREAM


2010 BlogNews Magazine. All Rights Reserved. - Designed by SimplexDesign